Rabu, 24 Juni 2015

Fitrah kehamilan..

Beberapa pasien saya datang dg penolakan akan sebuah kehamilan..
Ada yang sudah terlanjur hamil ada juga yg belum hamil dan datang pada saya utk yakin kontrasepsi berjalan dengan lancar.
Daan menurut saya ini adalah fenomena? Fenomena apa.. Yup fenomena bahwa hamil itu d anggap sebuah beban, melahirkan d anggap sebuah penderitaan, dan mendidik anak d anggap sebuah tanggung jawab yg mengerikan. Orientasi mereka adl uang.. Perawatan dlm kehamilan butuh uang, off course melahirkan.. Apalagi skrg pendidikan yg biayanya udh setinggi langit..

saya hanya mau meluruskan... Bahwa kehamilan itu adl hak mutlak Allah.. Allah telah mengatur sebuah kelahiran juga kematiannya, Allah yg mempertemukan sel sperma bapa dg sel telur ibu.. Lalu apa yg mau di ingkari? Lihat maryam ibunda Isa a.s yg hamil tanpa bapa.. Lihat!! Jika Allah berkendak demikian tentunya bisa bukan.. Jadi hamil atau tidak jelas itu urusan Allah..

Lalu bagaimana dengan proses melahirkan d antara hidup dan mati.. Sakiiit luar biasa..
Lagi2 saya selalu bertanya tanya pd diri sendiri ttg teori masing2 ibu dlm persalinan.. Apa sih yg d fikirkan.. Jihad kita sbg ibu ya d persalinan.. Pahalanya tiada tara.. Dan bukankah ini suatu kehormatan kita di beri kesempatan utk melahirkan.. Bukan melahirkan manusia kecil tp melahirkan jundi jundi islam.. Generasi penerus Rabbani.. Ini kehormatan bukan??? Dan hanya kita para wanita yg di beri kesempatan sekaligus kehormatan ini.. Lalu apa rasa sakit kontraksi masih kurang dr imbalan yg Allah beri??

Nanti gmn sekolahnya? Emang ga d kasih makan?
Hhhuu berapa sih beda penghasilan saya dan ibu2 smua..? Saya yakin berapa pun penghasilan kita anak2 tetap makan.. Ini sudah jelas yah.. Yg kasih makan anak2 kita itu Allah.. Yg mnyekolahkan itu Allah bukan kita.. Kita orang tua hanya berusaha.. Sekalipun kita ga punya anak masa sih kita ga kerja? Yah itu sih namanya males.. Maka luruskan lah terus azam kita.. Bahwa Allah yg akan mencukupkan bukan kita.. Tp Allah.. Sekali lagi kita hny berjuang dan berusaha.

Dann di balik itu semua.. Bagi saya hamil, melahirkan, menyusui dan mendidik adl sebuah kebutuhan.. Bukan keinginan.. Saya butuh.. Dan saya bersyukur Allah melengkapi kebutuhan saya. Maka nikmatnya menjadi ibu dapat saya rasakan. Dimana ketika masak saya fikirkan akan masak apa utk anak2 sy, dmn ketika mengantuk saya dahulukan anak2 saya tertidur lbh dulu, dimana ketika bekerja saya fikirkan anak saya sdg apa d rumah, dimana ketika ini dan ketika itu fikiram saya d penuhi oleh anak2 sy. Dan ini sama sekali tidak merepotkan. Ini adalah masa yg justru d rindukan.. Masa d mana fikiran saya d sibukan oleh yg baik2 saja..

Me time??? Insya Allah nanti d syurga tentunya bersama sang bidadara (suami) juga anak2 saya..

Its so amazing life with my little family n wanna be a big family..

Selasa, 16 Juni 2015

Menjaga daya tahan tubuh anak

Hari ini sy kedatangan pasien imunisasi.. Tp tidak jadi sy imunisasi krn badannya demam. Sy katakan "d tunda saja ya bun..smp sdh bner2 sehat imunnya"

Dg nada kesel.. Krn harus bolak balik tp tak jd d imun ibu tsb berkata "ini gara2 kmrn di ajak neneknya main sm si anu, tuh anaknya lg pilek jadi ketularan"

Sy hanya tersenyum sj.
Dilanjutkan "sodara2nya lg pada pilek tp suka nyiumin anak sy, jadi ketularan deh" lagi2 dg tampang sebalnya.

Sy tak mau mbahas ttg imunisasi dsni.. Juga bukan ingin mbahas ttg penyakit batuk pilek.

Tp sy selalu sering bertemu dg ibu2 model bgni..ketika anak sakit sibuk mncari siapa yg mnularkan.. Sibuk mnyalahkan org sekitar.
Marilah kita berfikir bijak.. Ini peringatan bagi sy pribadi.
Sdh kah kita mlakukan usaha preventif agar anak kita tak mudah sakit. Sprti gizi seimbang (karbo,vitamin, protein,kalsium, hidrasi) smua seimbang.. Tdk berat d salah satu sj.
Tidak lemah atas keinginan anak yg hanya mau susu, hanya mau makan2an tertentu..

Mengajaknya berolahraga minimal 1x sminggu.
Ya berenang, bersepeda, tdk ke mall terus.

Mngajak berjemur di pagi hari utk mnghirup panas pagi minimal 1x sminggu
Sinar matahari pagi itu bnyk mngadung vitamin D baik utk kekuatan tulanh dan gigi..berkeringat krn berjemur merupakan detoksifikasi tubuh scara natural.

Mengajarkan bangun pagi.. Akan dpt mnghirup oksigen yg paling murni jam 3-5 pagi.. Stlh itu oksigen bercampur dg karbon dioksida.
Banyak kita yg tak tega mbangunkan anak yg masih tertidur. Padahal tidak apa2,, itu adl waktu mujarab utk membersihkan paru2 kita.. Bahkan d hadis disebutkan Allah mangabulkan doa2 hambanya d 1/3 malam..

Mengajak diskusi dan sharing minimal 1x sehari.
Diskusi, sharing, bercerita dapat menstimulus neokorteks anak2 kita utk senam otak, mngajaknya berfikir bisa mpercepat pertumbuhan neuron2 baru d otaknya.

Memeluk 1 hari mininal 10x. Nah ini dia yg terakhir.. Pelukan itu dapat merangsang hormon endorphin anak kita. Dg hormon tsb anak kita bs lbh relax mnjalani hari2nya.

Pijat memijat tiap ada kesempatan. Sperti yg sdh kita pelajari kmrn ttg pijat memijat.

Jk itu smua sdh d lakukan insya Allah anak2 akan tumbuh sehat. Jd tak ada lagi mnyalahkan orang lain ktika anak sakit.

Anak sy yg ketiga hari sdh 2 hari flu.. Mampet hidungnya.. Sprti kesulitan bernafas. Sy hanya memijat sehari 2x.. Ajak ngobrol.. Berjemur.. Istirahat cukup. Memmeluk dan mnggendongnya.. Tentunya dg melepas sgala aktifitas. Stlh sy yakin anak sy sdh bner2 sehat. Barulah sy beraktifitas lagi.