Selasa, 28 April 2015

MEREKA TIDAK MENCIPTAKAN DIRINYA SENDIRI

Kemarin saya mendengar khodimat saya membanding2 anak saya yg sulung dengan adik laki2nya yg bungsu. Membandingkan kegesitan, membandingkan besar tubuh, membandingan warna kulit.. Jujur sy katakan pd khodimat sy bahwa sy tdk suka anak2 sy di banding2kan.. Masalahpun selesai..

Dan sy teringat.. Dulu sy pernah mnghadiri pernikahan teman sy. Teman sy itu cantik putih ya dr segi fisik sy nilai 8 lah yah.. Tp sy mndengar salah satu undangan yg dg ringan komentar "ihh lakinya jelek bgt item lagi" 
Lagi2 sy ko jengah yah mndengar org berkomentar ttg fisik seseorang.. Rasanya pingin nimpuk aja pake sepatu.

Saya pun teringat anak perempuan sy ktika usia 3 bln sdg lucu2nya. Kulit putih, motok, mata cantik.. Hingga banyak yg berebut menggendong dan mngajaknya bermain. Di puji2nya anak sy tsb stinggi langit.

Anak saya yg ketiga.. Sdikit berbeda dr kakak2nya.. Kulitnya lbh gelap itu aja bedanya.
Hhmm ttga spertinya bbrp org yg dlu rajin menggendong kakaknya tdk berminat mnggendong bungsu sy.

Saya tidak masalah.. Cuma sdg berfikir.. Sebegitukah orang menilai orang dr penampilan fisiknya..

Sy teringat waktu sekolah sy sering di ejek krn penampilan sy yg berisi tp tinggi badan yg d bawah rata2 teman2 sy. Dan itu berlaku smp sy kuliah.. Mereka sedikit memandang sebelah mata.
"ko kamu bisa masuk kebidanan?, tinggi kamu berapa?"
"Kamu emang sampe ambil infusan di tiang?" (Sambil tertawa)
Dan banyak lagi hal2 menyakitkan yg sy dengar dr mulut2 mereka.

Dulu sy pasrah saja mereka menilai apa, sy rasa mereka benar. Ya dr fisik memang sy tdk meyakinkan untuk d katakan sy bidan, otak pun rata2 tdk trgolong mahasiswa yg pintar. Alhamdulillah Allah memberikan mata sy minus shg tiap ujian sy tdk pernah sukses mncontek.

Oia sy dulu sering d panggil "ustadzah" entah itu ledekan atau pujian tp sy tdk ambil pusing jg sih.

Balik lg masalah fisik.. Sy pny teman waktu SMP yg memiliki banyak kekurangan d fisiknya, maaf memang wajahnya sdikit mnakutkan. Hingga teman2nya mjulukinya "gerandong"..
Dia mnyendiri sj krn tdk ada teman. Tp dia pny otak yg cemerlang. Teman2 mndekatinya ktika akan ada ujian krn ingin mndapat contekan. Tp slesai ujian nasibnya tetap sama.

Sy pny teman cantik.. Tinggi, putih, modis dll.. Teman2nya banyak.. Bahkan banyak teman2 nya yg rela mjd spt "budak" agar bs berteman dg si gadis populer ini.  Heran juga guru2 laki2 sedikit mudah sekali menebar senyum dengannya. "Guru jg manusia"

Dilematis bgt yah.. Klo ada pribahasa "dont judge a book by the cover" alah pribahasa tetap pribahasa.

Lihat d indonesia tercinta ini orang2 kaya cantik dan ganteng lebih di hargai dr orang berilmu.

Kita ambil contoh 'ariel' peterpan.. Ingat kah kalian kelakuannya? Berapa bnyk wanita jd korbannya, perzinahan yg dlm islam mjd dosa amat besar hingga harus d rajam dg hukuman cambuk.. Tp mereka habis2an mnbelanya dg alasan hak asasi atau itu urusan pribadi, jd negara jgn ikut campur.

Ketika dewi persik d bayar puluhan bahkan ratusan juta utk tampil dan menebarkan kerugian Berbanding terbalik dg ustadz yg meminta transport.. Ustz yg mngajak kebaikan seolah tak etis minta fee dg gamblang.

Sepertinya kita harus cantik dan ganteng atau kaya dulu baru bs d hargai.

Lihat pembodohan iklan. Produk2 mjual dan mjanjikan kulit kita bs putih dg slogan "cantik itu putih" berapa bnyk pula yg mbeli produk tsb tp ga ada perubahan signifikan. Dan mereka mjd minder krn kulitnya gelap. Smp ada yg berhijab dg tujuan "spy putih"

Huft.. Dunia..
Mereka lupa bahwa Allah maha mencipta, si hitam, si putih, di pendek, si tinggi, si rambut lurus dan si rambut kriting.. Mereka tidak mencipkan diri mereka sendiri. Allah lah yg mnciptakan mereka sedemikian rupa dg tambahan "kelebihan" yg sulit di lihat orang.

Kita tdk pernah tau siapa yg Allah angkat derajatnya, siapa yg bisa merasakan surgaNya.

Allah.. Jadikanlah aku dan keluarga orang2 yg bersyukur..

Sabtu, 25 April 2015

BUNDA JANGAN MENGELUH

Bunda jangan mengeluh..

Bunda jangan mengeluh walau ku tau pinggangmu sakit saat mngandungku, tapi itu karena aku bertambah besar..

Bunda jangan mengeluh, ku tau kulit perutmu rusak karna mengandungku, hingga jaringan kulitmu yg mulus pun mjd rusak,

Bunda jangan mengeluh, ktika aku mendorong tubuhku keluar dr rahimmu dan mnuju dunia, aku tau kau kesakitan, tp itu demi aku ingin melihatmu.

Bunda jangan mengeluh, ketika kau tidak dapat terlelap krn aku harus menyusu di malam hari.

Bunda jangan mengeluh, matamu menghitam mbentuk kantong mata krn begadang utk brkali2 mngganti popokku dimalam hari.

Bunda jangan mengeluh, ktika teman2mu bisa ke salon dan mpercantik diri, tp krn hadirku kau tidak bs sprti mereka.

Bunda jangan mengeluh, ktika teman2mu bkerja dan punya uang utk mereka brbelanja tapi kau memikirkan kebutuhan pokokku.

Bunda jangan mengeluh, ketika teman2 mu berlibur kau tidak bisa berangkat krn memikirkan kenyamananku.

Bunda jangan mengeluh krn aku tak dapat membalas semua pengorbananmu. Tp hanyalah Tuhanku yang akan mnggantikan dg syurga indah untukmu.

Kamis, 23 April 2015

Berenang atau Tenggelam

Kemarin sy bertemu dengan kawan lama di KRL mnuju kebayoran.. Wajahnya tak asing bagi sy. Waktu sekolah sy memang tdk trlalu akrab hny sy tau dia adl salah satu siswa berprestasi, juga cantik.. Kturunan jawa jg chines..ya hayalin aja deh.

Yg saya sdikit tdk mngenalnya bhwa skrg dia kurus sekali...
Kami saling mnatap dan akhirnya sy mnyapa duluan benar tidak dia si X yg dlu sekolah di sekolah Z. Dan trnyata bnar.

Ngobrol panjang lebar.. Dan sy beranikan diri utk bertanya. "Ko kamu lurus skali dan trlihat lbh hitam?" Dan kagetnya dia mjwb "sy pergi dari rumah dan mjd freeland"

Freeland apa? Dan dia ga mau mjwb. Ya sudahlah.. Sy tdk mau mnyelidiki lbh jauh. Dia pergi dr rmh krn hrs kuliah di bidang yg tidak dia suka, dan khidupannya skrg jauh lbh kacau.

Sy yakin kasus bgni bukan hny trjd pd teman sy. Mereka merasa di paksa mlakukan yg tdk disukanya dan memilih pergi tp yg trjadi mlh mnjerumuskan diri sendiri.

Sy jd ingat wktu tu sy disuruh kuliah jd bidan. Padahal sy ingin jd guru matematika. Lulus jd bidan sy bingung mau krja dmn.. Teman2 bnyk yg nganggur, krja d RS ga suka, jd PNS pun tdk berminat. Akhirnya sy slalu kesal dan sebal kpd org tua sy. Sy merasa dijeburkan ke laut dimana isinya hiu semua. Gaji sy jauh lbh kecil dari buruh pabrik bahkan kasir minimarket. Sy ga ngerti mksd Allah.. Knp sy hrs jadi bidan..tp saya terus jalani dan belajar. Smp sy menikah dan brhenti kerja sy msh meratapi.. Seandainya sy guru sy bisa mngajar.. Seandainya sy ini sy itu.. Daan seterusnya. Tp suatu saat sy sdikit trbuka. Bgni lho sy kan sdh jadi bidan ga mungkin jg murtad pindah jd kasir atau pindah jd guru. Biar bgmnpun sy sdh mpelajari kebidanan slama bbrp tahun. Ya terima sj bahwa sy adl bidan. Terima nasib dan jalankan sambil terus blajar. Alhamdulillah sy slalu mndapat kemudahsn dalam bljar dan bkerja.
Ibarat ada gelas berisi air.. Klo gelas itu mau di isi lagi. Ya air yg d dlm gelas hrs diminum dulu.

Tibalah saat sy mngenal gentle birth.. Sy baru mnyadari bhwa Allah mnjadikan sy sbg bidan itu untuk mnjd praktisi gentle birth.  Klo sy bkn bidan mka sy tdk akn bs mjd praktisinya. Rahasia Allah bgtu indah.. Tadinya sy suka sedih dan meratapi nasib knp sy hrs jd bidan. Tp sjk sy mjd bidan praktisi gentle birth.. Hidup sy jauh lbh indah.. Sy bkerja dg hati senang walo lelah, bhkan semangat bkerja wlo sakit.

Maka klo kita kecemplung ke laut yg banyak hiunya jln satu2nya adl berenang wlo takut,sulit ky mustahil dari pada kita teriak2 minta tolong dan ga ada yg nolong krn mreka pun sibuk mnolong diri sendiri. Dan tamatlah riwayatnya tenggelam dan dimakan hiu.

Bgtu jg ibu2 yg harus mjd full ibu rumah tangga di suruh suami. Jgn bilang "abis sy ga boleh krja sm suami"
Lha kerja ga boleh, yg boleh ngurus anak2 sm suami. Mk lalukan yg terbaik. Jgn sampe kerja ga bisa, tp ngurus anak jg ga becus lantaran meratapi keinginan utk kerja.

Senin, 20 April 2015

TIGA IMPIAN TERBESAR

Kalo sy punya lampu ajaib yg di gosok trs keluar om jin. Dan menanyakan 3 impian saya pastinya om jin tak akan mampu memenuhi. Krn 3 impian sy hanya bisa di raih dengan kerja keras. Apa sih 3 impian itu.

1. masuk surga..Ya iyalah masuk surga.. Kan setelah berlelah lelah pastinya pingin istirahat dg tenang. Yakni istirahat di surga.
Makanya di dunia waktunya bekerja keras.
Beberapa teman tanya emang ga cape bu ngurus anak yg masih kecil kecil, ngurus praktek tanpa asisten, ngurus daycare yang kata orang bisnis beresiko, plus bisnis2 receh lain di tambah ikut pelatihan ini itu smp kluar kota, kerajinan lagi suka sok2 bikin pelatihan ngurus sendiri. Klo harus jujur ya cape.. Ya lelah.. Tp Alhamdulillah smua berakhir bahagia. Ktika bayi lahir sy bahagia mnjadi bagian dari lahirnya manusia baru, ketika di daycare sy bahagia mbantu ibu2 bekerja yg kesulitan mengurus anak, ketika ikut pelatihan kemana mana sy bahagia mndapat ilmu dan pengalaman baru, sy bahagia ketika mereka mempraktekan pelatihan2 yang sy buat, sy bahagia menjalankan bisnis2 kecil yg ga seberapa untungnya..kadang nombok.. Dan yg mbuat sy bahagia adl smua kegiatan itu mbuat sy bergerak.. Bergerak membuat sy hidup dan Diam mbuat sy spt mayat hidup.

Sebelum masuk surga ada 2 impian sy di dunia.

2. Ke Palestina.. Dari sekian puluhan bahkan nanti mungkin mencapai ratusan persalinan yg sy tolong rasanya saya ingin sekali menolong persalinan2 yang penuh pertolongan dari tangan kecil Allah disana. Mungkin ibu2 di palestina sdh biasa gentle birth tdk spt dsni yg hrs di kampanyekan. Dsana mereka sudah terbiasa melahirkan tanpa tenaga kesehatan tanpa suami dan tanpa obat2an. Dan saya ingin menjadi bagian dari mereka yg dimana tangan saya mnyentuh ubun2 mujahid yg akan terlahir.. Kemudian mendarat di kdua tangan saya.. Satu dua tiga dan seterusnya. Sy ingin hidup disana utk myaksikan itu semua.. Mjd saksi hidup para ibu melahirkan mujahid dan mujahidah. Itulah jihad saya. Jk panggilan itu datang sy siap kapanpun.

3. Saya ingin hidup d luar negeri selain di palestina. Bukaaan bukaaan untuk happy belanja ini itu, bukaaan. Sy hanya ingin merantau belajar dan bekerja. Ingin jd TKI. "Trs bu leni pingin jadi bidan dsna" jawabannya "salah besar". Sy ingin belajar dan survive di negeri orang dg anak2 sy. Dsna sy ingin mnyewa rumah kecil, bekerja selain jadi bidan. " jadi apa dong?" Jd tk cuci piring, jaga pom bensin, kasir toko atau apa ajalah yg penting halal. Terus kenapa ngajak anak2?
Alasanya slama ini sy dan tentunya suami berusaha mncukupi kehidupan anak2 dan kluarga. Memutar otak bgmn mndapatkan apa2 yg kami impikan. Tp mungkin smua akan lbh seru klo anak2 menyaksikan dan merasakan. Ya mushab skrg usia 3 tahun baru merasakan ademnya naik mobil ber ac pny pribadi, sabrina 2 thn. Hudzaifah cm 2 bulan motor2an.
Saya rasa mereka blm sempat mnyaksikan orang tuanya berjuang. "Trs anak2 mau di ajak hidup susah?" Engga bukaaann. Sy hny mau mndidik mereka bisa survive. Saya ingin meninggal dg tenang. Sy ingin ktika sy mninggal nanti mereka bisa sirvive hidup dimanapun dalam keadaan apapun. Tidak bergantung pada harta warisan. Krn sy hny akan mewariskan ilmu...

Smoga Allah mengijabah..aamiin

Rabu, 15 April 2015

Membuat Kaldu Ayam Bubuk sendiri

Bahan
-Bwg bombay 1
-Seledri daun bawang ga pke takeran
-Bawang putih 2 rol d tambah 1/2 rol
-wortel 1
-ayam filet tanpa lemak dan kulit 1/3 kg
- gula garam (optional) sy ga pke

Giling smua d food prosesor tanpa air.Smpe halus
Trs sangrai smp agak kering pje wajan anti lengket.
Taro d loyang. Oven 20mnt  200 dercel.
Sambil sesekali d aduk.

Kluar dari oven d blender..trs d sangrai lg smp kering ky tepung.

Senin, 13 April 2015

Emosi pada masa kehamilan


Masa kehamilan adl gabungan emosi. Perubahan mood itu wajar banget.. Yg cuma d butuhkan masa ini dr seorang suami tetap berada disisinya, dan jangan remehkan apa yg d rasakannya. Krn istri anda benar2 mbutuhkan anda lebih dari sebelumnya..

suami suami sayang istri

Kehamilan adalah masa2 menggairahkan bagi kaum wanita. proses 40 mgu ini merupakan persiapan untuk mngemban amanah mjd seorang ibu.. masa kehamilan akan penuh cerita dan rasa. sayangnya bnyak sang suami yang tak mnyadarinya. 

tau ga sihhh 
ketika seorang istri melihat hasil tespect bergaris 2 itu rasanya gmn yah.. ga bs d ungkapkan. 
"hahh sy hamil ini bner ga sih tespectnya?"
"sayang.. bangun lihat tespect garisnya 2"
si suami pun bingung.. trs gmn..
hahaha..
si istripun yg hari2 sblmnya sehat aja abis lihat 2 garis mndadak mual.. lhoo ini sugesti atau bneran mual.
yg tadinya ga pingin mangga jam 12 mlm kd pingin mangga makannya pke kuah mpek2. hahaha aneh2 aja sih.

Tp begitulah kehamilan.. rasanya tuh warna warni.. sm susah nyebutin warna apa aja itu..terlalu banyak.. seperti kita lihat gradasi warna.. terlihat hny 2 warna dari ujung ke ujung pdahal banyak warna jk d dekati.

Krn terlalu bnyk rasa si ibu suka bingung sendiri kadang tiba2 sedih, kadang tiba2 senang, kadang suka mnggerutu kerjaan suami kadang sebaliknya si ibu hamil pengertiaaasn bgt. hihi suami jd korban perasaan mulu deh.. sering2 elus dada ya pak suami.

Oleh sebab itu sy sering memuji teman yg slama khamilan d tinggal suami bertugas.. karena ktika hamil dan sendirian itu rasanya sediihh bgt.

Ada juga beberapa ibu hamil yg terlalu sibuk sama perasaannya smp ada yg terlewatkan.
yaitu waktu
kehamilan adl masa utk brikhtiar dalam mepersiapkan kbutuhan fisik dan mental saat persalinan mndatang. Allah swt telah memberi waktu bbrp bulan. dan selama masa itu jk seorang ibu hamil d dampingi dg penuh cinta dan semangat insya Allah dia akan cenderung lebih siap menghadapi tantangan persalinan di bandingkan yg tidak.

Calon ibu dan ayah yuu kita baca sama2..
Rasulullah saw bersabda : jadilah engkau d dunia ini spt orang asing atau penyebrang jalan. jika kamu brada di sore hari, jangan menunggu pagi hari, jk engkau d pagi hari jgn mnunggu sore hari, manfaatkanlah masa sehatmu sblm datang masa sakitmu. maanfaatkan saat hidupmu sblm datang kematianmu. (hr bukhari)

Disini sy tertarik mngambil kesimpulan.. bhwa bnyk ibu hamil yg tdk mnyadari waktu hamilnya hingga datang masa bersalinnya.
contohnya : ketika perinium robek.. pdhl jk ktika hamil ibu bnyk mlakukan latihan serta pijat perinium mgkn ini bs d minimalisir. atau ketika ibu perdarahan.. jk ibu hamil mngkonsumsi sumber protein zat besi dan kalsium sesuai waktu dan takaran mgkn hal ini tdk trjadi.
dan stlh proses persalinan ada pnyesalan mngapa sy dlu tdk bgni tdk bgtu.. dan baru bisa d perbaiki saat khamilan berikutnya.

Rasulullah jg bersabda : barang siapa menghilangkan satu kesusahan seorang mukmin dari kesusahan kesusahan dunia, maka Allaj akan menghilangkan kesusahan kesusahannya saat hari kiamat.

Dan barang siapa memudahkan urusan seseorang dlm kesulitan, maka Allah akan memudahkan urusannya di dunia dan akhirat.. dan barang siapa menutupi aib sodaranya maka Allah akan menutupi aibnya. Dan Allah akan selalu mnolong hambanya selama hamba itu menolong saudaranya. (shahih muslim)

Dan cara apakah yg lbh baik dari seorang suami pada saat kesulitan mendera istri yakni ketika istri perjuangan mnopang tubuh ketika hamil, perjuangan saat persalinan, serta perjuangangan saat mnyusui. tak ada bantuan yg lbh ampuh selain pendampingan penuh cinta dan pengertian.

Halooo bapak2 suami.. yg membalas nti bukan istri lhoo tp balasannya langsung dr Allah..

Ayoo bapak2 fighting !!! 

Minggu, 12 April 2015

Sel otak bayi

Lihatlah sel otak bayi pada foto ini.


Taukah bunda bahwa 3 minggu terakhir usia kehamilan adalah dimana otak janin sedang amat pesat berkembang. Tp d sayangkan blm mencapai 38 minggu intervensi untuk melakukan induksi persalinan dan bahkan op cesar sdh mulai menhantui ibu2 hamil. Hingga bayi d lahirkan lebih awal.
Dengan begitu smua pihak yg terlibat dalam persalinan tsb telah dengan tidak hormat merampas hak nya utk tumbuh berkembang lbh optimal dalam perut ibunya.

Tentang Gentle Birth

Malam antara ngantuk tp semangat mbara ingin segera mbagi apa yg sedang ymsy fikirkan. yakni Gentle birth.. sy sangat faham ttg konsep ini tp mngapa kadang bgtu sulit mjelaskannya. bukan krn kurang literatur tp krn terlalu simple hingga sulit d jelaskan. 

Mungkin teman2 ada yg tau atau mngenal ibu robin lim. yup bliau salah seorang bidan yg mnghabiskan hidupnya utk mbahagiakan ibu2 bersalin. beliau salah satu motivator gentle birth di indonesia. I love her so much. bliau mjd pakar gentle birth.. dan mndapat penghargaan sbg salah satu pahlawan dumia. bukan krn berhasil menolong persalinan ratusam wanita tp lbh kpd programnya untuk msejahterakan bayi dan ibu dlm proses persalinan.

Persalinan Gentle birth tidak mnitik beratkan untuk meredakan rasa sakit, tidak jg mnitik beratkan pd hypno birthing, bukan juga bukan masalah normal atau cesar. Gentle birth lebih kepada kenyaman ibu dan bayi saat proses persalinan, dsna akan ada sensasi cinta yg kuat. dimana ibu bersalin akan hanya mengikuti kemauan tubuhnya tanpa intervensi yg berlebihan. dalam Gentle birth ia akan mengelola fikiran dan emosi secara mandiri dg begitu di harapkan persalinan dapat berjalan khidmat dan santun.

Gentle birth harusnya menjadi tujuan pada smua tenaga bidan dan dokter krn persalinan lebih dari sekedar melahirkan bayi tp bagi sy ini adalah proses melahirkan generasi.

Mengapa Home Birth


Belakangan permintaan klien sy untuk homebirth atau persalinan di rumah meningkat. apa yg sbnarnya mereka cari dari homebirth. apa sih tujuannya. 

sy sendiri terlepas apapun alasannya, sy memilih homebirth lbh krn privacy sj, sy ingin momen persalinan mjd lbh nyaman dan sakral. sy ingin saksi pertama klahiran adalah sy serta suami. sentuhan yg pertama pun, sentuhan orang tuanya. 

itu sj alasan sy.. 

sy ingin memberikan kelembutan dan keindahan dari proses persalinan anak2 sy, maka rumah adl pilihan sy. dirumah sy sendiri sy bebas mengekpresikan gelombang cinta yg datang dan pergi. sy bebas makan apa yg sy suka (sy kurang suka masakan rumah sakit), sy bisa pelvic rocking, sy bisa bgni dan bgtu. d banding d rs sy hrs duduk dan tidur utk d observasi. 

rumah adalah surga bagi saya. 
sy punya banyak kenangan di rumah dan di kamar saya. rumah adl tempat dmn sy senang, sedih, bertengkar, menangis, tertawa.. dan bnyk kenangan lain. kamar adl pusat saya berkspresi.. oleh sebab itu sy ingin mlengkapi indahnya rumah sy dg kedatangan anggota2 baru yakni anak2 sy yg akan trlahir d dunia. 

lagi pula ibu dan nenek saya bahkan nenek uyut saya smua mlahirkan anak2nya di rumah dan hal itu wajar bgt. lalu knp sy tdk bisa. pasti bisa. 

Tak hanya di Indonesia, ibu hamil di Amerika Serikat pun sekarang banyak yang memilih melahirkan di rumah. Data resmi dari Center for Disease Control and Prevention (CDC) atau Pusat Pemberantasan Penyakit di Amerika menunjukkan, jumlah ibu yang melahirkan di rumah mengalami peningkatan sebesar 30% selama 2004-2009. 

Banyak ibu hamil yang menganggap bersalin di rumah lebih nyaman dan jauh lebih murah. Selain itu, tenaga kesehatan yang membantu bisa fokus pada satu pasien, sehingga ibu akan lebih mudah merasa relaks, dan risiko infeksi nosokomial bisa dihindari. Kemudian setelah persalinan, ibu dan bayi dapat bersama-sama selalu sehingga mampu meningkatkan boundingnya dengan bayi serta keluarga. 

Menurut para ahli persalinan di rumah, ibu hamil akan mendapatkan perhatian yang penuh dari orang yang memiliki hubungan personal dengannya. Privacy pun lebih terjaga. Dan pada akhirnya ibu hamil akan merasa lebih nyaman saat melahirkan. Dan seperti kita tahu, soal kenyamanan merupakan salah satu faktor terpenting yang harus dipunyai seorang ibu yang mau melahirkan. Sistem tubuh baru akan bekerja lebih baik saat kondisi nyaman. Itulah mengapa banyak orang yang dapat tidur lelap di rumah sendiri, tapi tidak saat berada di tempat lain. Itu karena pada kondisi tertentu sistem otot dan hormonal di dalam tubuh tidak berjalan sebagaimana mestinya. Hal yang kurang lebih sama berlaku buat persalinan. Bila lingkungan nyaman, hormon-hormon yang membantu persalinan (hormon oksitosin) akan keluar dengan maksimal. Tapi perlu juga d ketahui bahwa persalinan2 yg normal sj dgn kehamilan yg rendah resiko yg bisa bersalin di rumah. 

Melahirkan di rumah memang nyaman, karenanya kembali diminati. Namun semoga ini bukan sekedar trend, apalagi demi gaya hidup yang keren.

Senin, 06 April 2015

AMANI BIRTH prenatal Class




Persalinan saat ini kadang menjadi momok yang menakutkan. Sulitnya seorang ibu,ayah,dan bayi menggunakan hak nya sbg pmeran utama persalinan. Mereka merasa tidak tau apa-apa dan akhirnya menyerahkan proses penting paling sakral bagi calon ayah bunda tersebut pada org yg tidak mereka kenal.


Oleh sebab itu sy membuka prenatal class yg bisa diikuti siapa saja. (Tidak harus ibu hamil) bahkan utk calon ayah serta calon kakek nenek. Untuk membuka rahasia Allah d balik persalinan akan Melahirkan keshalihan bukan hanya utk ibu tp utk kluarga besar.

AMANISM Birth mengajarkan prinsip-prinsip berikut:
1. Allah memegang kendali atas segala sesuatu.
2. Persalinan adalah peristiwa hidup yang alami.
3. Persalinan secara inheren aman.
4. Ibu memiliki peran dalam memaksimalkan keselamatan proses persalinan ini.
5. Percaya pada kelahiran adalah kepercayaan kepada Allah.
6. Fisiologi kehamilan.
7. Fisik persiapan untuk persalinan / melahirkan.
8. Pentingnya gizi yang baik selama kehamilan.
9. Teknik alamiah untuk menghadapi nyeri persalinan.
10. Pentingnya menghindari obat dalam kehamilan dan persalinan.
11. Tanggung jawab orang tua dimulai pada kehamilan.
12. Konsumerisme kelahiran merupakan kewajiban orangtua yang baik.
13. Membuat keputusan selama kehamilan dan persalinan.
14. Pemberdayaan diri merupakan hak dan tanggung jawab dalam persalinan.
15. Pengalaman melahirkan penting untuk seumur hidup.
16. Pemberdayaan perempuan dalam persalinan.
17. Mendidik mitra untuk mendukung ibu dalam persalinan.
18. Menyusui adalah nutrisi terbaik untuk bayi.
19. Berterima kasih kepada Allah untuk pengalaman kelahiran.
20. Percayalah dalam rencana Allah untuk kelahiran dan kehidupan kita.