Senin, 30 Maret 2015

afirmasi positif

afirmasi positif itu trnyata brguna skali pada diri sy.. terutama saat hamil dan melahirkan anak ke 3.
smua berjalan sesuai afirmasi sy.
kmudian skrg masih d lanjutkan..
efeknya suami bilang sy tampak lebih cantik. lho apa hubungannya.. dg afirmasi dan sugesti positif sy bs menjalani hari2 lbh optimis.. tdk mudah marah..tidak mudah kecewa.. dan itu memancarkan energi positif.. krn energi positif yg trpancar.. maka sy mgkn trlihat lbh cantik..
jd semanget bljar hypnosis lbh lanjut..

Dahulu

dahulu profesi para penyembuh bukanlah orang yg pintar dan berpendidikan. mereka adalah orang2 luhur yg mau mendengar keluh kesah, mereka orang2 yg pny jiwa empati yg tinggi.
dahulu profesi para penyembuh spt tabib, dan paraji (dukun peraalinan) adl org2 yg mngerti apa yg d rasakan pasiennya .. maka Tuhan memberinya kelebihan utk mnyembuhkan.. awalnya hny dari mendengar keluh kesah. banyak d antara mereka tdk mnggunakan obat2an.. hny mengandalkan pendengaran utk mndengar keluhan, sentuhan (utk mnyentuh bagian pasien yg sakit) media obat (biasanya hny air) kmudian doa..(mdoakan pasiennya)
lalu berkembang dg ramuan dr tumbuhan..
hingga sekarang..
jadi kesimpulannya.. jk ingin jd dokter/bidan yg baik utamakan pendengaran dan sentuhan kasih sayang.. krn ilmu 'just given' hanya pemberian/bonus dr Allah..
dan skrg utk para tenaga kesehatan sprtinya hal itu mulai trgerus sdikit demi sdikit.
sy yg brprofesi sbg nakes pun sering merasa keluhan sy kurang d dengar oleh dokter..

Kenapa home birth

kenapa sy lebih suka menolong persalinan normal home birth drpd di rumah sakit/rmh bersalin.
krn di rumah ada Allah.. pasien yg mnikmati gelombang cinta selalu mnyebut2 Tuhannya, di banding dg dg epidural mengikuti prosedur.
dengan begitu tiap kelahiran dapat mndekatkan, mendekatkan, dan mendekatkan sy kepada Tuhan sy yaitu Allah

USIA ANAK BEGITU DEKAT

Tak terfikir sedikit pun saat sblm sy mnikah.. bhwa d usia pernikahan 4 tahun.. 3 malaikat kecil mungil lahir dr rahim sy.

usia mereka bgtu dekat..

mereka bgtu unik, menggemaskan, juga trkadang mnjengkelkan.

saat kehamilan pertama rasanya bgtu bahagia.. tak lama2 berdua dg suami d tahun prtama prnikahan sdh pny mujahid cilik.

8 bln usia putra sy, sy trnyata hamil anak kedua.. rasanya bingung, senang, dan sedih.

bingung krn masih tdk prcaya bhwa sy hamil lagi.
senang tentu.. krn siapa yg tdk senang d beri anugrah lg.
sedih juga ada.. krn sy memikirkan bgmn anak pertama sy jk masih balita sdh pny adik.

semua terjawab kita anak kedua lahir..
yah ternyata si sulung sdh Allah rancang mjd seorang kakak..

muhammad mushab abdul wahhab nama anak pertama sy.
dia pemikir ulung.. pemalu.. dan melankolis..

sy tdk pernah mngkondisikan abang..(sebutan si sulung) utk mjd seorang kakak..

ketika adiknya lahir si abang lgsg berperan mjd seorang kakak yg mngayomi, menyayangi dan melindungi. tak sedikitpun ada rasa khawatir mninggalkan adiknya yg msh bayi dg abang (yg katanya blm mngerti apa2).

mereka teman berbagi..
berbagi umi, berbagi abi, berbagi kamar, berbagi asi.. iyah benar si abang tdk kami sapih.. mereka mnyusu bersama.. kadang kanan dan kiri.. sambil mereka brgandengan tangan. atau mgkn brgantian.
si abang yg cenderung introvet.. terwarnai dg adiknya yg ekstrovet.

sy jd faham maksud Allah mberikan si abang adik lbh cepat.. yakni utk mewarnai hari2nya dirumah.. juga utk memberi pelangi dan secercah cahaya dirumah tangga kami yg sblmnya mendung.

Minggu, 29 Maret 2015

pilihan pilihan persalinan

Tak ada keharusan bagi saya untuk melahirkan anak saya dengan metode water birth. begitu pula dengan pasien pasien saya. saya tidak pernah mengiming imingi nikmatnya water birth kepada siapapun. tapi mengapa sy memilih untuk menjadi praktisinya. ini kepada panggilan jiwa saya saja.
Allah menjadikan saya menjadi seorang bidan, dimana tak satupun anggota keluarga saya termasuk tenaga kesehata. lalu mengapa saya yang terpilih oleh Allah. dan mengapa bidan?

dari semenjak gadis bahkan sebelum menjadi mahasiswa kebidanan saya sudah bercita cita menpunyai banyak anak.
Allah mewujudkan itu. tahun pertama pernikahan saya sdh melahirkan anak pertama.

saya yakin smua ibu merasakan hal sama ketika lahir buah hatinya yang pertama, senang, terharu, bingung, ahh banyak deh.. dan saya juga meyakini.. mungkin seorang ibu akan berfikir untuk menunda kehamilan anak kedua dengan berbagai alasan.. dan salah satu alasan adalah trauma persalinan. trauma menghadapi mualnya, berat badan yg meningkat, terakhir sakitnya persalinannya.

bagitu juga saya.. setelah lahir mush'ab buah hati saya yang pertama.. rasanya belum berfikir untuk memberikan adik bagi mushab dalam waktu dekat. tapi Allah berkehendak lain 8 bulan usia mushab saya hamil anak kedua. disinilah saya meyakini bahwa setelah anak kedua akan ada anak anak berikutnya. dalam hati saya katakan.. saya yakin persalinan kedua akan berjalan lancar tidak sakit dan tidak akan membuat saya trauma.

sampai pada tahap saya mencari cara dan metode bagaimana saya harus melahirkan.. ada beberapa pilihan.. yakni
1.epidural/illa
2.cesar
3.hypno birthing,
4.water birth..
5.gentle birth..

semua harus berjalan sesuai prinsip gentle birth

no 1 epidural... tidak !! saya menolak metode ini.. saya akan merasa malu pada diri saya sendiri dengan bahwa persalian harus berjlan sealami mungkin sesuai kehendak alam.. artinya.. rasa sakit itu tetap ingin saya rasakan tidak ingin saya hapus dengan obat-obatan.

no 2 cesar... ini bisa menjadi pilihan saya di nomer terakhir.. entah terakhir itu nomer berapa.. yg jelas saya memilih menjauhkan opsi nomer 2 ini. walau dokter beberapa kali menyarankan metode ini. saya percaya dan bercermin bahwa di indonesia tercinta hampir semua orang besar dilahirkan secara normal dari presiden soekarno sampai dengan presiden jokowi, juga salah satu tokoh yang saya kagumi yakni pak habibi lahir secara normal dari alan lahir ibunya. dan yang tidak kalah penting.. yakni Rasulullah.. nabi Muhammad dilahirkan secara normal. bagi saya op. cesar adalah hal terakhir dengan indikasi tertentu. tidak S3 seperti sekarang (Sedikit Sedikit Sesar)

no 3 hypno birthing... yakni dimana saya bermain dengan mindset saya, sugesti positif dari diri saya sendiri serta motivasi yang besar. just positive thinking. saya tidak memikirkan apapun selain yang positif tentang kehamilan saya. intinya "saya mempercayai tubuh saya bahwa tubuh saya bisa melahirkan bayi saya dengan sehat dan nyaman"

no 4 water birth... water birth adalah kelanjutan dari hypno birth.. water birth menjadi pilihan saya bukan karena ikut-ikutan lantaran lagi ngetrend di negeri orang bule. water birth menjadi pilihan saya karena saya ingin memberikan kenyamanan terhadap bayi yang akan dilahirkan. kenyamanan seperti apa yang di maksud? yakni.. kenyaman seperti di dalam perut. bayangkan bayi kita di dalam perut.. dia tidak kedinginan karena air ketuban itu hangat, dia tidak kelaparan karena ada plasenta dan tali pusat menjuntai menghantar makanan, tidak juga merasa silau.. krn dalam perutnya cahaya remang2, bayi benar benar nyaman dan tenang di dalam perut ibu. dengan bersalin di air, bayi tidak merasakan perpindahan yang terlalu mencolok, sebagaimana di rumah sakit yang dingin AC, bau obat, dan silau lampu ruangan.

no 5 gentle birth.. dari point 3 dan 4 akan mengahsilkan persalinan dengan prinsip gentle birth.. yakni persalinan alamiah.. minim trauma..
gentle birth tidak harus dengan water birth.. persalinan apapun bisa dilakukan dengan prinsip gentle birth.. hanya di rumah sakit di indonesia belum banyak rumah sakit yang peduli dengan prinsip gentel birth.

tiap persalinan itu indah dan unik.. karena itu suatu saat saya ingin menceritakan kepada tiap anak saya bahwa kelahirannya adl kelahiran sakral dan cantik dimana saksinya hanya umi dan abinya...

next akan saya tulis tentang gambaran lengkap persalinan2 di atas.

WORKSHOP MENDONGENG BERSAMA KAK NIA



MENDONGENG adalah sebuah media komunikasi yang baik untuk berbagi pengalaman, untuk berbagi cerita. Dalam MENDONGENG, gagasan, ide, idealisme, nilai, dan norma kehidupan suatu masyarakat disampaikan melalui sebuah keahlian narasi lisan.
MENDONGENG bagi anak:
menanamkan nilai-nilai kehidupan
membangun kemampuan literal
sebagai rekaman sejarah
pengembangan emosi, imajinasi, dan intimasi (kedekatan)
menghibur

Sebagai media untuk menanamkan nilai-nilai kehidupan, mendongeng adalah “mengatakan tanpa mengatakan”, yaitu media untuk mendidik tanpa menggurui. Dalam mendengarkan dongeng, anak dapat menikmati sekaligus memahami nilai atau sifat apa yang terkandung, tanpa perlu diberi tahu secara eksplisit. Pendongeng hanya mendongengkan cerita tanpa perlu menekankan atau membahas tersendiri mengenai nilai moral yang terkandung didalam cerita dongeng tersebut. Inilah yang disebut sebagai transfer nilai-nilai dan etika secara halus kepada anak.
untuk itu kami mengadakan
WORKSHOP MENDONGENG BERSAMA KAK NIA
Kak Nia adl salah satu story teller Indonesia yg telah bercerita ke penjuru nusantara juga telah memasuki kancah internasional.
Kak Nia akan mengajarkan kita teknik mendongeng ttg
Cerita
Suara
Mimik Wajah
Gerak Tubuh
Alat Bantu dan Kemampuan Lain.
yang akan dilaksanakan pada sabtu 28 april 2015. pukul 08.00 s/d 15.00
fasilitas
coffee break
lunch
serifikat
CD "love for palestina"
kids corner
goodie bag
door prize
lokasi
Dzakira Daycare
perumahan serpong garden blok E24 no 18 cisauk tangerang
HTM setelah 13 maret
single 300.000,-
couple 400.000,-
early bird
single 250.000,-
couple 350.000,-
terbatas utk 20 peserta

Menumbuhkan rasa percaya diri anak

pagii
jumat barokah..

mumpung dapat kesempatan menulis Karena si sulung sdg potong rambut ke salon di temani adik Dan bu romlah (khodimat kami)

bahagianya melihat mushab makin percaya diri.
sbelumnya mushab adalah sosok yg selalu ngumpet klo Ada orang baru. trnyata bbrp Cara kami cukup berhasil walo blm 100%.

belakangan INI asyik sekali ngobrol panjang lebar dengan mushab yg usianya baru 3 tahun..

aahhh profesi INI makin sy cintai. profesi terbaik d Mata Allah yakni mjd seorang Ibu dr 3 anak yg masih kecil2.
tiap hari bisa tertawa karena ulah mereka bisa jg menangis krn tingkah mereka.

menumbuhkan rasa percaya diri bagi mushab tdk lah mudah. dahulu dia slalu ngumpet, cemberut, bahkan bisa jadi tantrum ktika melihat org baru. dia tidak pernah nyaman dengan kedatangan tamu di rumah sekalipun ITU anggota keluarga dr jauh. sempat sedih.. krn sebagaimana org tua lain sy pun ingin anak2 sy di bilang anak yg lucu dan Manis d depan org lain. tp APA boleh buat sy fikir mgkn bgtulah karakter mushab.

berawal dr ketertarikannya akan jajan. yup anak2 sy tidak pernah jajan d luar krn sy slalu mnyediakan berbagai cemilan d rumah dr buah, cemilan Manis juga cemilan gurih.

tp melihat teman2 yg jajan, mushab pingin dong merasakan jajan d abang2 lewat. disinilah ide sy muncul.

mushab boleh jajan tp berhentikan abangnya sendiri Dan bilang sendiri yah tidak d temani umi. bgtupun DG kalimatnya sy ajarkan. tp ternyata mushab memilih tidak jajan drpd hrs membuka percakapan dg si abang penjual.
Dan wktu itu mushab mnyerah juga. dia panggil abangnya Dan minta uang ke sy. bgni kalimatnya
"bang beli.." kemudia abang ITU brhenti mushab mnyerahkan uang Dan mengucapkan terima kasih.

itulah Awal mula komunikasi dg org lain.
sejak saat ITU apapun kemauannya di luar dia hrs bisa mndapatkannya sendiri.

seperti terimakasih pada satpam yg mbukakan pintu. berkata sampai jumpa PD temannya yg pulang stlh bermain juga ke alfamart sendiri dan berbicara DG kasir. DLL.

smua ITU trnyata d dukung dg penampilan lho. mushab suka brpakaian rapih Dan necis. ketika dia lihat dirinya d cermin Dan merasa ganteng. langsung PD nya keluar.
jd sy selalu kasih mushab kepercayaan utk memilih bajunya sendiri selepas Mandi. sy hny berperan mjd komentator. "bgmn klo mushab pakai yg INI sj krn warnanya sama DG celananya..Dan seterusnya" Dan saran sy tdk selalu mndapat respon positif.. it's okay.. sy biarkan sj dia memilih pakaiannya sendiri agar dia merasa pilihannya di hargai.. maka dia akan belajar menghargai pilihan org lain.

bgtulah sharing saya hari INI.masih banyak ide di kepala sy utk terus mengeksplore rasa percaya dirinya yakni..rencana bulan maret ini mushab akan sy ajak keluar Dan ktika dia mau ketoilet dia harus mncari toilet sendiri DG bertanya pada satpam atau siapapun... ahhh mnstimulus memang tidak Ada habisnya.... sy sadar INI hny sbagian kecil. mungkin ibu2 lain pny Cara lbh jitu...


because you're my little star in my heart

YANG TERLUPA

banyak orang tua yg berbondong2 belajar parenting tp ada bbrp point yg trlupakan.
bahwa sblm belajar parenting kita sharusnya memberikan asi 2 thn gunanya slama mnyusui bonding antara ibu dan anak trjalin bgtu kuat proses ini membentuk rasa percaya anak kpd ibu.
sblm asi 2 th maka yg hrs d lalui adl asi eksklusif 6 bln. dsni adl utk mngajarkan bahwa yg d perlukan bayi hny asi slama 6 bln prtama maka yg trjadi 6 bln pertama bayi bgtu bergantung pada ibunya.
nah sblm asi eksklusif 6 bln lbh baik lg adl IMD, IMD adl proses bayi mncari puting susu ibunya dan yg ibu kluarkan adl kolostrum yg sngt brguna skli utk sistem imun. bukankah sblm kita bgtu penting memiliki tubuh yg kuat.
sblm IMD adl proses persalinannya dmn yg lbh utama adl persalinan normal. krn persalinan normal memberikan kelembutan (smooth landing) bayi kluar dr rahim ibu sesuai pintunya bkn mlalui jendela d perut.
ini mnghindari bayi dr trauma lahir (kpn2 akn sy posting ttg trauma lahir) krn proses mempengaruhi produk.
sblm persalinan adl kehamilan disini pentingnya nutrisi ibu hamil utk mjdikan janin sehat, kuat dan pintar krn 80% pembentukan sel otak trjadi d dlm kandungan. maka slain penting nutrisi maka stimulasi dr dlm kandungan tdk kalah penting.
jd mulai kapan belajar parenting yakni sejak calon anak masih d dlm kandungan.
"if you want to change the NEXT GENERATION, Start it from the PREGNANT WOMEN"

AMANISM Birth


AMANISM Birth adalah Pendidikan Doula (Pendamping Persalinan) dan Pendidik Persalinan (Childbirth Educator) berlandaskan teori Gentle/Natural Birth Islami dengan sertifikasi Internasional yang dirancang untuk mempersiapkan para profesional. Tujuan utama kami adalah untuk mengajarkan kepercayaan kepada Allah sebagai hal yang pertama dan utama serta persalinan merupakan bentuk ibadah yang suci. Kami tidak memberikan saran medis atau jasa pelayanan medis dan merekomendasikan bahwa semua calon orang tua untuk memberdayakan diri sebagai persiapan yang tepat untuk kelahiran buah hati.
AMANISM Birth Certified Childbirth Educators mengajarkan prinsip-prinsip berikut:
1. Allah memegang kendali atas segala sesuatu.
2. Persalinan adalah peristiwa hidup yang alami.
3. Persalinan secara inheren aman.
4. Ibu memiliki peran dalam memaksimalkan keselamatan proses persalinan ini.
5. Percaya pada kelahiran adalah kepercayaan kepada Allah.
6. Fisiologi kehamilan.
7. Fisik persiapan untuk persalinan / melahirkan.
8. Pentingnya gizi yang baik selama kehamilan.
9. Teknik alamiah untuk menghadapi nyeri persalinan.
10. Pentingnya menghindari obat dalam kehamilan dan persalinan.
11. Tanggung jawab orang tua dimulai pada kehamilan.
12. Konsumerisme kelahiran merupakan kewajiban orangtua yang baik.
13. Membuat keputusan selama kehamilan dan persalinan.
14. Pemberdayaan diri merupakan hak dan tanggung jawab dalam persalinan.
15. Pengalaman melahirkan penting untuk seumur hidup.
16. Pemberdayaan perempuan dalam persalinan.
17. Mendidik mitra untuk mendukung ibu dalam persalinan.
18. Menyusui adalah nutrisi terbaik untuk bayi.
19. Berterima kasih kepada Allah untuk pengalaman kelahiran.
20. Percayalah dalam rencana Allah untuk kelahiran dan kehidupan kita

Tentang Demam


Izinkan sy hari ini berbagi sedikit tentang demam.

Karena blkangan Ada org dekat saya yg mbiarkan anaknya demam brhari2 hny d beri obat herbal. yang pada akhirnya butuh hantuan medis dan opname mjd satu2nya pilihan.

demam di bagi mnjd 2. yakni demam fisiologis Dan demam patologis.

demam sendiri merupkan alarm tubuh yg mnunjukan ada masalah.

demam fisiologis adl demam d bwh 39 dercel. bisa sembuh sendiri tanpa bantuan obat2an khusus.
yg kedua adl demam patologis.
yakni demam yg tdk dpt sembuh sendirinya.
mengapa tdk dpt sembuh sendiri? ini krn Ada masalah lain.
yakni infeksi bakteri/virus/jamur.

ciri2 demam di sertai infeksi adl.
1. demam naik turun lbh dr 3 hari
2. demam mlebihi 39 dercel
3. demam disertai keluhan lain ( batuk/sakit perut/sakit tenggorokan/perubahan warna kulit dll)
4. demam di sertai kejang

utk kasus d atas dapat nenimbulkan komplikasi.
��dari penurunan HB scra drastis (ini bisa mnyebabkan perdarahan Dan resiko trkecil mnurunnya IQ 0,5)
�� masalah gangguan otak permanent (bisa mnyebabkan lumpuhnya bagian tubuh, merusak penglihatan, merusak pendengaran) INI bukan nakut2in lho.. bnyk KO kejadiannya.

pertolongan pertama demam adalah banyak minum dam kompres air hangat tentunya sambil mngontrol suhu tubuh (tiap rumah wajib punya thermometer)

jika tidak turun boleh d berikan paracetamol sesuai dosis.

Dan bijaklah dalam menilai kasus anak demam. krn demam ITU mberikan kesakitan bkn sekedar ketidaknyamanan. kita sbg org tua hrs mempertimbangkan bahwa anak kita yg demam ITU sdg kesakitan. artinya jgn biarkan berlarut2.

bijak pula DLM pemberian obat2an. madu Dan berbagai jenis obat herbal lainnya tidak disarankan mid andalan ktika demam melewati hari ketiga. obat herbal boleh mjd pendamping.
artinya dahulukan obat sesuai jenis infeksinya (Dokter yg lbh tau).

obat herbal sy setuju utk recovery. obat herbal sy setuju utk pencegahan. tp obat herbal bukan segala2nya hingga kefanatikannya mnganggap obat kimia adl racun.

be wise because our children are everything

PENGALAMAN BERSALIN DENGAN GENTLE BIRTH WATER BIRTH


 
Alhamdulillah telah lahir anak ketiga kami seorang anak laki2 yg diberi nama Muhammad Hudzaifah Abdul Qowiyy. senin 19 Januari 2015 pk 16.10
lahir penuh cinta sakral dan alami.

sedikit berbagi dengan kisah persalinan hudzaifah dgn metode Gentle birth

entah ini mjd anak bungsu atau masih ada lagi adik2nya.. yg jelas sy terlalu yakin bahwa anak adl anugrah..dan sy slalu bersyukur Allah beri anugrah lbh banyak.

yg ketiga ini spesial sekali.. dr hamilnya smp lahirnya..

saat mngetahui hamil anak ketiga tak ada lagi ekspresi.. (udah biasa kali yah) alhamdulillah punya suami yg baik hati dan pengertian. hamil ketiga ini pak suami slalu mngajak sy slalu brsyukur.

ujian hidup yg brtubi2 mbuat pak suami makin perhatian pd sy, makin mndukung karir sy, dan makin lemah lembut. maka sy berikan d akhir namanya "abdul qowiyy" yg artinya hamba dr yg Maha Kuat. brharap dia mjd hamba Allah yg kuat..

HPL-4
kontraksi datang.. ahh sy gak mau mnyebutnya dg kontraksi.. sy ganti dg gelombang cinta..
knp gelombang cinta.. krn sy mncintai dan merindukan gelombang itu.. knp gelombang krn sprt ombak d laut yg datang dan surut.

gelombang cinta akhirnya datang.. sy dan suami berfikir apakah hari ini?
gelombang cinta datang dan pergi.. akhirnya sy ajak jalan2..
cek pembukaan, pembukaan 2, portio lunak tebal.. tp kepala masih tinggi.. masing melenting saat d palpasi.

sy tak berkomentar apa2 yg jelas sy hanya ingin mematahkan dokrin dokter utk op.sc krn bayi besar dan d anggap panggul sy kecil.

sy afirmasi diri dan janin.. bahwa kami adl tim yg hebat.. kami akan bertemu scra alamiah sesuai prinsip gentle birth.. tak perlu induksi oksitosin apalagi op.sc.

H-3
gelombang cinta datang 5 mnt skali..
d antara gelombang tsb sy slalu berusaha tersenyum.. tdk meremas, tdk mngerang sakit, senyum dan senyum.. krn sy hanya brfikir bahwa janin sy hrs d sambut dg senyum. dg senyum sy bs mnikmati gelombang cinta, dg senyum dan ikhlas.. serta afirmasi diri bahwa bayi sy akn lahir pd waktunya dan smua tlh tertulis di lauthful mahfudz.

H-2
alhamdulillah pembukaan 3, tp skali lg kepala masih tinggi.. oh Allah.. bantu sy.. bantu sy..
gelombang cinta yg datang sungguh luar biasa.. sy tdk bs brjalan ke kamar mandi.. dituntun pun tdk bisa.. sy hrs merangkak k kamar mandi utk BAK.. terbayang dong rasanya bgmn..
skali lg sy hny ber afirmasi "de.. kita ketemu yuu, bantu umi mngeluarkanmu dg tenaga umi sendiri tanpa obat dan tanpa intervensi medis"
sambil sy membayangkan portio sy mnipis dan mnipis.

H-1
sekali lg masih pembukaan 3. gelombang cinta dtng lbh sering.. dsni sy nyaris mnyerah.. apakah sy hrs ke RS dan mnyerahkan proses persalinan sy kpd dokter. ya Allah.. bantu sy utk mbuktikan teori bahwa persalinan adl proses pengeluaran manusia baru..yg alamiah, indah, dan penuh cinta.
ya Allah ya qoyyum..
sy mnghubungi teman2 sy yovika dan mila.. meminta dukungan. mereka pun datang..

HPL
pagi pembukaan 4.. alhamdulillah ada kmajuan.. air dan kolam sdh siap.. tinggal mnambah air panas.. suami dan bidan mnyiapkan air hangat.. jam 1 sy nyemplung k kolam utk hidro terapy.. turun lg dr kolam utk cek pembukaan.. alhamdulillah sdh pembukaan 7-8 alhamdulillah terimakasih Allah..
sambil terus pelvic rocking sambil afirmasi "ayoo dek turun ya nak.. kamu pasi bisa"

jam 3 kurang 15 mnit pembukaan lgkap. ahayyy nyemplung lg ke kolam..

"show time"

gelombang cintanya hilang dan jarang.. terus sj sy goyang inul d kolam.. lelah mnghampiri yg sempat mbuat sy ketiduran d kolam. dan sy minta pak suami utk masuk kolam..

aaahhb sy malah ketiduran d kolam.. dg gemas suami memegang panggul sy. d goyang2 ke kanan dan kiri.. dan tusss ketuban pecah.. kepala turun..
bayi pun mngikuti.. lahir dg damai d tangan abinya..

ahlan wa sahlan Muhammad Hudzaifah Abdul Qowiyy
jadilah spt Hudzaifah ibnul yaman yg selalu dipercaya oleh Rasulullah.. jadilah spt Hudzaifah yg memiliki ingatan yg baik.. jadilah spt hudzaifah yg selalu bs memegang rahasia dan jadilah (abdul qowiyy) hamba yg Maha Kuat

dedicate : suami tercinta..bobby saiful bilal..
abang mushab dan teteh shabrina..
kiss kiss hug